8 Tips Memilih Cargo Murah Untuk Perlancar Bisnis Online

indonekargo.com – Sekarang ini usaha pengiriman barang atau kargo mengalami perkembangan seiring dengan majunya dunia bisnis e-commerce. Jika Anda memiliki bisnis yang dikembangkan secara online dan ingin bekerjasama dengan pemilik jasa cargo murah, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

  1. Kredibilitas penyedia jasa

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah kredibilitas dari penyedia jasa indonekargo.com yang bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti:

  • Lokasi perusahaan yang jelas dengan perijinan yang lengkap dan memiliki website resmi yang sudah dikelola lebih dari 3 tahun.
  • Memiliki banyak agen atau cabang pengiriman di berbagai lokasi yang memudahkan kebutuhan konsumen dalam hal pengiriman kargo.
  • Memiliki review yang baik dari sebagian besar konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa pengiriman kargo dan memiliki team yang dapat mengatasi komplain konsumen dalam waktu relatif cepat.
  • Memiliki layanan servis yang lengkap dan beragam disesuaikan dengan perkembangan dunia pengiriman bisnis online.
  1. Luas area jangkauan pengiriman

Ketika Anda memiliki bisnis yang dikembangkan secara online, akan lebih baik jika Anda memilih penyedia jasa yang memiliki area jangkauan pengiriman luas, baik di Indonesia maupun luar negeri. Umumnya hal ini juga bisa didukung dengan armada yang dimiliki perusahaan kargo, seperti pengiriman kontainer, kargo kapal laut serta kargo pesawat untuk pengiriman luar pulau.

  1. Standar tarif yang jelas

Selama ini, perusahaan kargo umumnya akan menetapkan biaya pengantaran sesuai dengan ukuran volume barang, jarak pengiriman, deadline waktu yang diinginkan untuk barang sampai ke lokasi tujuan, hingga resiko yang mungkin timbul sesuai jenis barang. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu bagaimana perusahaan kargo yang Anda tuju dalam menetapkan harga pengiriman. Jangan dulu tergiur promo harga murah apabila tidak disertai dengan jaminan keamanan dari perusahaan penyedia jasa kargo.

  1. Deadline waktu pengiriman

Saat Anda menawarkan produk Anda secara online, Anda pasti memahami keinginan konsumen yang ingin agar produk yang dibelinya bisa sampai segera ke lokasi tempat tinggal. Untuk memfasilitasi hal tersebut, penting bagi Anda untuk memilih perusahaan jasa kargo yang mampu memberikan deadline waktu pengiriman tercepat sesuai lokasi tujuan. Meski harga yang ditawarkan mungkin akan sedikit lebih mahal, namun kecepatan pengiriman yang dijanjikan akan memberikan dampak positif berupa kepercayaan konsumen pada bisnis yang Anda jalankan.

  1. Layanan varian paket

Umumnya jika seorang konsumen ingin agar pengiriman barang dilakukan dalam jangka waktu pendek, konsumen tersebut pasti tidak keberatan membayar mahal untuk jasa pengiriman. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika Anda bekerjasama dengan pemilik jasa pengiriman kargo yang memiliki layanan varian paket cukup banyak, misalnya seperti paket express, dimana barang bisa sampai dalam waktu 1 hari, paket reguler, maupun paket kilat.

  1. Layanan tambahan kargo

Ketika Anda memiliki bisnis yang berkembang cukup pesat dan ingin bekerjasama dengan penyedia jasa kargo, Anda bisa menanyakan tentang ada tidaknya layanan tambahan kargo untuk barang yang Anda jual, seperti layanan packaging khusus menggunakan kayu atau bubble wrap, layanan bongkar muat barang, hingga layanan penyimpanan sementara di gudang kargo. Dengan adanya layanan tambahan yang bisa Anda gunakan, kualitas barang yang Anda kirim bisa lebih terjamin dan kepercayaan konsumen semakin meningkat.

  1. Jaminan keamanan pada barang yang dikirimkan

Saat Anda ingin bekerjasama dengan perusahaan yang menyediakan jasa kargo untuk mengirim barang, cobalah teliti dalam hal jaminan keamanan barang yang diinginkan. Akan lebih baik jika perusahaan kargo yang Anda gunakan memiliki fasilitas asuransi yang bisa diklaim saat barang yang dikirim mengalami kerusakan, hilang, atau resiko lainnya. Dengan adanya asuransi yang jelas, barang yang Anda kirim bisa sampai ke alamat tujuan dalam kondisi baik.

  1. Fasilitas tracking barang

Ketika Anda memilih jasa kargo dalam harga murah, pastikan juga ada fasilitas tracking barang yang jelas. Sekarang ini, pelacakan barang bisa dilakukan pasca menerima resi pengiriman. Proses tracking atau pelacakan pengiriman barang dapat dilakukan melalui komputer atau handphone dan hal tersebut membantu memastikan apakah barang yang Anda kirim sudah sampai ke lokasi tujuan atau belum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *